Perbandingan Toyota Alphard 2016 Vs Toyota Vellfire 2016

BAB I
PENDAHULUAN


1.1                          Latar Belakang Masalah
Saat ini persaingan dalam dunia bisnis terasa semakin ketat, hal tersebut juga dapat dirasakan di indonesia. Salah satu dalam industri otomotif. Perkembangan industri otomotif di indonesia memberikan peningkatan pertumbuhan ekonomi. Berbagai perusahaan resmi otomotif di indonesia mulai terlihat perkembangan penjualannya. Salah satunya pada kendaraan beroda empat atau mobil. Dilihat dari segi ukuran, harga, dan kegunaan penggunaanya, mobil merupakan alat transportasi yang sangat dibutuhkan. Alphard dan Vellfire adalah dua besutan mobil dari Toyota yang dijadikan salah satu mobil adalan mereka.

1.2                          Tujuan Penulisan
Setiap penulisan memiliki tujuan agar materi yang akan dibahas lebih tertata rapi dan lebih struktur. Adapun tujuan dari penulisan ini sebagai berikut:

1.                           Mengetahui pengertian mobil Alphard dan mobil Vellfire.
2.                           Mengetahui Perbandingan mobil Alphard dan mobil Vellfire.
  
BAB II
LANDASAN TEORI

2.1       Pengertian Mobil Alphard
 
Toyota Alphard 2016
            Toyota Alphard adalah MPV premium berukuran besar yang diproduksi oleh Toyota Motor Corporation sejak tahun 2002.Tujuan utama Toyota membuat Alphard adalah untuk bersaing dengan Honda Elysion dan Nissan Elgrand

2.2       Pengertian Mobil Vellfire
 
Toyota Vellfire 2016
            Toyota Vellfire adalah mobil yang diproduksi oleh Toyota Jepang dan di impor langsung ke Indonesia oleh importir umum sejak 2008 hingga sekarang, versi importir umum (IU) Vellfire terbaru diimpor pada tahun 2014 atau yang dikenal dengan New Vellfire2014
           
BAB III
PEMBAHASAN

3.1       Perbedaan Mobil Alphard dan Mobil Vellfire

Vellfire VS Alphard

JAKARTA - PT Toyota Astra Motor (TAM) secara resmi meluncurkan All New Alphard dan Vellfire. Kedua MPV luxury itu dikembangkan dengan konsep terbaru, yakni grandeluxe. Meski menggunakan sasis yang sama, All New Alphard dan Vellfire memiliki perbedaan yang cukup mencolok, terutama pada bagian eksterior dan interior. All New Alphard hadir dengan desain yang memperlihatkan karakter yang kuat atas nilai kemewahan dan kemegahan. Sedangkan All New Vellfire mengekspresikan desain yang stylish.

Alphard (atas) Dan Vellfire (bawah)

Di sisi eksterior, jelas sekali terlihat All New Alphard memiliki desain grille lebih besar ketimbang Vellfire. Begitu juga pada sistem pencahayaan bentuk lampu depan Alphard yang lebih besar, sedangkan Vellfire berbentuk langsing mengikuti alur grille. Garis-garis Lekukan pada bodi bagian depan jika diperhatikan tampak sekali perbedaannya. Sedangkan dari tengah sampai belakang memiliki kemiripan lekukan. Masuk ke sisi interior, keduanya mengusung konsep elegan. All New Alphard didominasi dengan sentuhan aksen kayu di bagian kemudi, sandaran tangan pintu depan, dan di sandaran tangan bangku baris kedua. All New Vellfire lebih sedikit meski letak aksen kayu sama seperti saudaranya. Tombol pengaturan bangku baris kedua lebih banyak terdapat di Alphard daripada Vellfire. Meski begitu, keduanya tetap mengedepankan kenyamanan penumpang.

Interior Toyota Vellfire

Interior Toyota Alphard

Mengenai dapur pacu, keduanya sama-sama menyematkan mesin baru berkapasitas 2.500 cc. Mesin ini dikatakan tidak hanya memberi performa lebih, namun juga efisiensi dengan penggunaan start/stop system. Khusus Alphard, tipe 3.5 Q tetap mempertahankan mesin 3.500 cc yang memiliki performa yang baik untuk MPV premium. “Berbagai peningkatan telah dilakukan untuk memberi penyegaran yang semakin berkelas guna mendukung kehadiran seluruh varian Alphard ini sebagai sebuah sosok MPV mewah sekaligus teratas di kelasnya yang semakin memberikan yang terbaik bagi penggunanya,” ucap Vice President PT TAM, Suparno Djasmin. All New Alphard tersedia dalam tiga varian, yakni 2.5 X, 2.5 G, dan 3.5 Q. Sedangkan All New Vellfire hanya satu varian, yakni 2.5 G. Kedatangan dua model baru tersebut akan menambah kuat kinerja penjualan TAM.

3.2 Tabel Kelebihan dan Kekurangan

Toyota Alphard
Toyota Vellfire
Kelebihan
Kekurangan
Kelebihan
Kekurangan
 sistem suspensi yang kini mengunakan double-wishbone pada roda belakang.
Sparepart Mahal
 sistem suspensi yang kini mengunakan double-wishbone pada roda belakang.
Sparepart Mahal
Dimensinya kini lebih luas.
Pajak Mahal
Dimensinya kini lebih luas.
Pajak Mahal
interior lebih lengkap, serta disematkan sejumlah peralatan navigasi. / Fitur kabin sangat lengkap
Perawatan Susah
interior lebih lengkap, serta disematkan sejumlah peralatan navigasi.
Perawatan Susah
Kapasitas Mesin 2.500 CC
Part Kelistrikan Membutuhkan biaya perbaikan yang cukup mahal
Kapasitas Mesin 2.500 CC
Part Kelistrikan Membutuhkan biaya perbaikan yang cukup mahal
Design Sangat Sporty
Despresiasi harga relative tinggi
Design Sangat Sporty
Despresiasi harga relative tinggi
Lebih irit 15% dari pendahulunya
Lebih irit 15% dari pendahulunya




BAB IV
KESIMPULAN

 4.1       Kesimpulan
            Toyota telah mengeluarkan dua mobil yang dibilang sangat memuaskan untuk penggunanya. Dibandingkan harga alphard sendiri jauh lebih mahal dibandingkan pesaingannya yaitu vellfire, menurut saya alphard jauh lebih baik dibandingkan vellfire dari segi interior maupun eksterior. namu vellfire juga lebih memikat dibagian eksterior karena pada bagaian interior alphard dan vellfire tak jauh berbeda. So, jadi mau pilih yang mana ? bagaimana pun semua kembali kepada anda selaku penikmat kendaraan roda 4.

Sumber :
·         https://id.wikipedia.org/wiki/Toyota_Alphard dan https://autonetmagz.com/toyota-alphard-2015-baru-rupanya-terinspirasi-dari-gorilla/25182/
·         toyotanasmoco.net/perbedaan-toyota-vellfire-dengan-toyota-alphard.html
·         https://www.google.co.id/search?q=toyota+alphard+2016&espv=2&biw=1366&bih=650&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwjgiIjUy-fQAhUGMY8KHdGIDvoQ_AUIBigB#imgrc=2HB6us4PA69uaM%3A dan https://www.google.co.id/search?q=toyota+vellfire+2016&espv=2&biw=1366&bih=601&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwiOy-PczOfQAhULrY8KHUCZAP8Q_AUIBigB#imgrc=qTqe4RDhLjcIDM%3A





Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer