#MULTIMEDIA_MARET


Nama   : Didit Dwi Wijanarko
Kelas   : 4IC08
NPM   : 23414062

Hello guys, kembali dengan saya Didit blogger karbitan yang hanya menulis di blog hanya untuk tugas semata. Oke kali ini saya akan membahas tentang bagaimana pengertian dan peranan apasih multimedia itu, mungkin sudah banyak dari kalian yang telah memahami apa itu multimedia nah sebelum kita masuk ke berbagai pengetian dan peranan multimedia secara umum atau dalam bidangnya masing-masing yuk kita simak sedikit video tentang multimedia yang saya dapatkan di youtube. Berikut adalah video tentang apa itu multimedia :

Video 1.1 Apa itu Multimedia[8]

Video diatas telah sedikit menjelaskan apa itu multimedia, sekarang yuk saat kita bahas apa itu multimedia, manfaat multimedia ( secara umum maupun dalam bidang Pendidikan dan lingkungan sekitar). Multimedia dijaman sekarang adalah salah satu yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat modern, karena kehadirannya dapat mempermudah kerja manusia itu sendiri. Berikut penjabaran tentang multimedia.

1.1       Pengertian Multimedia
Kemajuan di dunia teknologi membuat segala sesuatunya menjadi lebih mudah dan praktis. Ada banyak temuan-temuan baru di dunia teknologi yang dapat mempermudah dan mempercepat berbagai macam aktivitas yang dilakukan oleh manusia. Penemuan di dunia teknologi informasi saja misalnya. Jika pada jaman dahulu informasi hanya disebarkan dengan menggunakan salah satu media saja, maka saat ini informasi dapat disebarkan dengan menggunakan berbagai macam media sekaligus[3]. Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasiaudio dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia informatika. Selain dari dunia informatika, multimedia juga diadopsi oleh dunia game, dan juga untuk membuat website[1] Multimedia juga dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda dalam menyampaikan informasi berbentuk text, audio, grafik, animasi, dan video. [4]

Gambar 1.1 Design Multimedia[5]

Oleh itu, dengan menggabungkan seluruh elemen multimedia tersebut menjadikan informasi dalam bentuk multimedia yang dapat diterima oleh indera penglihatan dan pendengaran, lebih mendekati bentuk aslinya dalam dunia sebenarnya. Multimedia enteraktif adalah apabila suatu aplikasi terdapat seluruh elemen multimedia yang ada dan pemakai (user) diberi keputusan atau kemampuan untuk mengawal dan menghidupkan elemen-elemen tersebut.[2]
1.2       Konsep Multimedia
Multimedia merupakan suatu konsep dan teknologi baru bidang teknologi informasi, di mana informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, animasi, dan video disatukan dalam computer untuk di simpan, diproses dan disajikan baik secara liner mahupun interaktif [2] . Multimedia juga media yang menggabungkan 2 unsur atau lebih yang terdiri dari text,grafis,gambar,foto,audio, dan animasi. Secara terintrograsi, multimedia terbagi menjadi 2 katagori, yaitu[6] :
a.     Multimedia Linier yaitu multimedia yang tidak dilengkapi engan alat pengontrol apapun yang dapat dioperasikan oleh pengguna. Multimedia ini berjalan berurutan. Contoh : Televisi dan Film.
b.    Multimedia Interaktif yaitu multimedia yang dilengkapi dengan pengontrol,yang dapat dioperasikan oleh pengguna sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya. Contoh : Aplikasi games.

Gambar 1.2 Konsep Multimedia[7]

Pengertian Multimedia menurut Para Ahli[3] :
a.   Mc.Comick, 1996. Menurut Mc. Comick, Multimedia merupakan gabungan dari tiga buah elemen penting yang ada di dalamnya yaitu suara, tulisan, dan gambar.
b.  Robin dan Linda, 2001. Menurut Robin dan Linda, Multimedia adalah sebuah alat yang dapat digunakan sebagai media presentasi yang lebih interaktif dan dinamis dimana dalam media ini penggunanya dapat mengkombinasikan berbagai macam data seperti teks, grafik, video, animasi, dan juga audio.
c.   Hofstekter, 2001. Menurut Hostekter, Multimedia dalam konteks komputer merupakan pemanfaatan komputer sebagai media untuk membuat dan juga menyatukan data gambar, teks, grafik, dan audio dengan menggunakan perangkat lunak yang memungkinkan penggunanya untuk bisa berkreasi, berinteraksi dan berkomunikasi.
d.   Turban, dkk, 2002. Menurut Turban, dkk, pengertian Multimedia adalah kombinasi dari dua buah media berupa input dan output. Media yang dikombinasikan dapat berupa audio, video, teks, gambar, grafik, dan animasi.

1.3       Pemanfaatan Multimedia
       Sekarang kita masuk mengenai manfaat multimedia itu sendiri, banyak sekali manfaat multimedia di jaman sekarang ini walau hanya sekedar memberikan informasi. Multimedia juga banyak sekarang manfaat untuk berdagang bagi banyak orang untuk merasakan betapa mudahnya mengakses atau mempromosikan dagangnya tersebut. Media berarti sarana untuk membantu manusia berkomunikasi satu dengan yang lain[11]. Televisi saja contohnya, di televisi, Anda dapat menikmati sajian informasi dalam bentuk suara, gambar, grafik, tulisan, animasi, dan juga video secara bersamaan. Hal ini tentunya membuat proses penyampaian informasi menjadi lebih akurat dan juga menyenangkan. Teknologi yang diaplikasikan dalam media informasi ini disebut dengan multimedia. Lantas apakah arti dari multimedia itu? Jika diartikan dari frasa katanya, maka multimedia dapat diartikan sebagai beberapa gabungan media. Meskipun dapat diartikan seperti itu, akan tetapi pada dasarnya, multimedia memiliki cakupan yang jauh lebih luas dari sekedar gabungan beberapa media[9].

Gambar 1.3 Mudahnya Mencari Informasi[10]

Gambar diatas menerangkan bahwa betapa mudahnya di era sekarang kita dapat dengan mudah mengakses atau mencari sebuah informasi. Selain sarana untuk mecari informasi sekarang sudah banyak social media yang dimanfaat untuk sebagian orang untuk berkenalan untuk mecari pasangan atau sekedar menambah sebuah pertemanan, seperti facebook yang booming di era 2011 atau twitter yang booming diera 2012. Banyak sekali manfaat multimedia dalam bidang Pendidikan, bisnis, periklanan, dll.

1.4       Pemanfaatan Multimedia dalam Bidang Pendidikan
Multimedia sudah banyak digunakan dalam dunia pendidikan. Dapat dilihat untuk materi pengajaran pada anak-anak sudah banyak dibuat dalam bentuk permainan misalnya materi tentang matematika dibuat menjadi permainan yang menyenangkan sehingga anak-anak mudah memahami materinya. Atau permainan tentang pengenalan huruf seperti pada gambar di samping ini[14]. Pada bagian 1.3 diatas merupakan bagaimana manfaat multimedia secara umum, namun pada kali kita akan membahas tentang peranan penting multimedia yang menguntungkan bagi atau dalam bidang Pendidikan. Seperti ini adalah pemanfaat multimedia dalam bidang pembelajaran[6] , sebagai berikut :
a.      Memperbesar benda yang kecil, yang tidak tangkap oleh mata.
b.     Memperkecil benda yang sangat besar, yang tidak mungkin dihadirkan disekolah.
c.      Menyajikan benda atau peristiwa yang kompleks,rumit,yang berlangsung cepat atau lambat seperti sistem tubuh manusia,bekerjanya suatu mesin,peredaran planet mars,berkembangnya bunga-bunga,dll.
d.     Menyajikan benda atau peristiwa yang jauh.
e.      Menyaikan benda atau peristiwa yang berbahaya.
f.       Meningkatkan daya tarik dan perhatian siswa.

Gambar 1.4 Multimedia dalam Bidang Pendidikan[12]

            Selain manfaat diatas ada juga yang menyimpulkan manfaat multimedia di bidang Pendidikan, yaitu adalah kelebihan - kelebihan yang dimiliki teknologi multimedia untuk menjadi alat bantu pilihan bagi kegiatan belajar-mengajar[9]:
a.       Multimedia membuat pelajar mengerti isi pelajaran
b.      Multimedia membuat siswa mengingat dengan mudah tentang isi pelajaran
c.       Multimedia menyampaikan isi pelajaran dengan canggih dan berkesan
d.      Multimedia mampu menjadi sumber pengetahuan
e.       Multimedia mampu mencari hubungan antara satu ilmu dengan ilmu lain
f.        Multimedia mampu menunjukkan dunia sekitar yang kaya dengan ilmu pengetahuan
g.      Multimedia kaya dengan berbagai aktivitas pembelajaran
h.      Multimedia mampu menghibur selama proses pembelajaran
i.        Multimedia membuat terjadinya interakti antara siswa dengan teknologi terkini
j.        Multimedia memberi peluang kepada guru untuk mengubah kaidah pengajaran
k.      Multimedia membuat proses belajar dan mengajar menjadi lebih menyenangkan
l.        Multimedia memudahkan pembelajaran yang berpusatkan pada siswa karena siswa diberi kebebasan memilih bahan pembelajaran sendiri dan belajar pada kadar yang sesuai dengan diri sendiri
m.    Multimedia mengajari setiap siswa dengan gaya pembelajaran yang berbeda
n.      Multimedia menggalakkan pembelajaran kooperatif dan interaktif di antara siswa melalui diskusi
o.      Multimedia memudahkan pembelajaran yang berasaskan konstruktivisme.
p.      Multimedia memudahkan siswa mempunyai kebebasan belajar sendiri tanpa dipengaruhi oleh pihak-pihak lain.
q.      Siswa dapat memilih bahan pembelajaran sendiri dan belajar dengan kadar yang sesuai dengan minat dan kehendak sendiri.

1.5       Multimedia di Kalangan Masyarakat
Penggunaan Multimedia interkatif sangat bermanfaat dikalangan masyarakat, karena dapat membantu mereka untuk lebih mudah memahami informasi yang ingin disampaikan oleh si pembuat[13]. Multimedia di tempat umum biasanya dalam bentuk kios informasi. Pada tempat umum seperti tempat pembelanjaan atau perbankan sering kali menyediakan kios informasi sehingga untuk situasi tertentu dapat langsung mencari informasi yang diinginkan tanpa perlu menunggu bantuan dari petugas. Di tempat hiburan seperti Dunia Fantasi juga memerlukan kios informasi seperti ini. Dengan tampilan yang menarik pada kios informasi ini memudahkan pengunjung mencari informasi yang dibutuhkan[14].

Gambar 1.5 Multimedia Mempermudah Kerja Masyarakat[15]

Penggunaan multimedia juga sudah dapat ditemukan di rumah tangga. Bisa terlihat pada televisi yang sudah menggunakan interactive TV, kemudian rekaman video yang bisa ditransfer menjadi format digital, membuat animasi dari berbagai macam foto kenangkenangan seperti foto pernikahan (Gb), dan lain sebagainya.

1.6       Aplikasi Multimedia
Perkembangan multimedia dari jaman ke jaman semakin maju pesat. Hal ini ditandai dengan perubahan media hiburan masyarakat mulai dari radio hingga sekarang muncul sebuah televisi. Sehubungan dengan hal itu, perkembangan software multimedia juga semakin banyak bermunculan. Software multimedia merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah berbagai media informasi seperti teks, gambar, video, foto, audio, dan lain lainnya. Banyak software yang bermunculan mulai dari yang hanya dapat melihat saja hingga dapat digunakan untuk membuat dan mengedit. Software multimedia dapat dikategorikan menjadi 5 jenis yaitu untuk animasi, desain, audio, foto dan video. Nah dibawah ini berikut beberapa software multimedia yang saat ini sering digunakan oleh banyak orang[16] :
1.      Media Player
      Media player merupakan sejenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah informasi dalam bentuk audio atau video. Beberapa aplikasi media player biasanya sudah dapat memutar informasi baik video maupun audio. Beberapa software media player antara lain adalah:
a.   Windows Media Player: Software ini diproduksi oleh Microsot dan merupakan satu paket dalam Microsoft Windows
b.     Winamp: Software ini bersifat freeware / komersil dan diproduksi oleh Nullsoft. Inc
c.      Power DVD: software ini diproduksi oleh Cyberlink
d.     DivX Player: software ini bersifat freeware dan diproduksi oleh DivXNetwork Inc
e.    XMMS: software audio ini bersifat open source dan berada di naungan lisensi GNU (General Public Lisensi)

2.      Image Editor
                  Perangkat lunak ini memiliki fungsi untuk menggambar dan mengedit image atau foto. Saat ini sudah banyak software software image editor yang bermunculan. Dari yang memiliki fungsi editing sederhana hingga fitur yang kompleks. Terdapat dua jenis image yang dihasilkan oleh sebuah image editor yaitu bitmap image dan vector image. Beberapa contoh software image editor antara lain adalah:
a.   Adobe Photoshop Software ini merupakan pengolah gambar dan foto yang cukup populer saat ini. Adobe photoshop dibekali dengan berbagai macam fitur yang lengkap sehingga membuatnya sebagai salah satu software multimedia terbaik. Software ini dibekali dnegan basis bitmap yang merupakan kumpulan titik titik dengan kerapatan tertentu yang dikenal dengan nama pixel. Photoshop sering digunakan para fotografer dan beberapa perusahaan untuk mengedit hasil gambar dan foto dengan berbagai macam tambahan efek didalamnya. Saat ini ada beberapa versi photoshop yang beredar di kalangan pengguna antara lain adalah
·         Photoshop CS ( Creative Suite ) , versi 8
·         Photoshop CS2, versi 9
·         Adobe Photoshop CS3, versi 10
·         Adobe Photoshop CS4, versi 11
·         Adobe Photoshop CS5, versi 12 (versi terbaru)

3.      Audio/Video Editor
           Jenis perangkat lunak ini dapat digunakan untuk mengedit dan membuat media dalam bentuk video dan audio. Prose pengeditan video dan audio biasanya berupa konversi format, manipulasi kualitas,dan masih banyak lainnya. Berikut ini beberapa software editing video dan audio saat ini :
a.     Adobe Premiere Pro: Software multimedia ini dapat mengedit video dengan format dan kualitas yang tinggi. Bersifat komersial dan diproduksi langsung oleh Adobe System
b.   Windows Movier Maker:  Software yang satu ini merupakan aplikasi yang sudah disematkan pada sistem operasi Windows. Movie marker dapat membuat sebuah project video dengan mudah. Selain itu, anda juga dapat menambahkan efek transisi, gambar, mengatur durasi video dan lain lain.
c.   Audacity: Audacity merupakan software yang khusus untuk menangani masalah audio. Software ini memiliki kegunaan untuk mengolah, memotong, memperbanyak, dan menyatukan berbagai jenis file audio. Selain itu, software ini juga dapat digunakan untuk merekam suara, memberi efek suara dan masih banyak kegunaan lainnya. Audacity sangat dikenal karena keunggulan yang kecil dan cepat serta untuk menggunakan software ini tidak perlu menggunakan spesifikasi yang khusus. Software pengolah suara ini juga dibekali dengan berbagai macam fitur sehingga membuat banyak pengguna tertarik untuk menggunakannya. Tidak salah jika Audacity muncul sebagai aplikasi audio terbaik.

4.      Graphic/ Image Viewer
                 Perangkat lunak ini digunakan untuk melihat (view) gamabr secara terorganisasi dalam sebuah direktori. Saat ini sudah banyak format image yang dapat didukung oleh aplikasi image viewer seperti bmp, jpeg/jpg, gif, png, ico, dan lain lain. Berikut beberapa aplikasi image viewer yang ada saat ini :
a.       ACDSee
b.      XNView
c.       Irfan View
d.      Microsoft Picture Manager
e.       Microsoft Picture and Fax Viewer

5.      Animasi
           Jenis software yang satu ini memang dikhususkan untuk membuat mengedit dalam bentuk animasi. Animasi merupakan gambar bergerak ataupun video yang digabungkan dengan konten gambar yang fiktif. Beberapa contoh software yang khusus tentang animasi antara lain adalah:
a.       Macromedia Flash
b.      Houdini Animation Software
c.       Power Animator
d.      Dan lain-lainnya

6.      Grafik 3D
Perangkat lunak ini digunakan untuk membuat dan mengedit informasi dalam bentuk gambar 3D. 3 Dimensi merupakan representasi gambar dalam bentuk geometri 3 dimensi. Beberapa contoh perangkat lunak grafik 3D antara lain adalah 3DVIA Shape: Software ini merupakan salah satu aplikasi ringan yang sangat diperuntukkan bagi anda yang ingin membuat model 3D dan mengunggahnya ke internet. Software ini memberikan kebebasan bagi penggunanya untuk menggambar objek bebas dengan menyediakan komponen komponen yang telah ditetapkan dalam ruang kerja seperti persegi panjang, busur dan lain lainnya. Salah satu fitur unggulan dari software ini adalah dapat memungkinkan secara otomatis untuk mengukur jarak yang anda pilih ketika anda akan menambahkan komponen geometris baru. Anda juga dapat menata objek dengan mendorong dan menariknya serta men drag di area yang anda inginkan. Selain itu anda juga dapat mengubah ukuran, memutar dan membungkukan ujung-ujung garis pada objek yang anda buat.

Secara tidak sadar, selama ini kita sudah sering melihat konten-konten multimedia. Baik lewat media massa seperti televisi, radio, dan surat kabar, maupun lewat daring seperti YouTube, Google, dan sebagainya. Aplikasi multimedia menyasar banyak bidang. Pertama, industri kreatif menggunakan multimedia untuk konten hiburan, jurnalisme, iklan, dan sebagainya. Iklan tidak hanya menyasar pada industri kreatif melainkan bisnis. Sering sekali kita menemukan bahwa dibalik iklan yang kreatif, diperlukan uang yang banyak untuk membuat konten yang menarik dan menghibur. Kedua, perangkat lunak sudah menggunakan multimedia sebagai sarana untuk belajar melalui Simulasi Komputer. Misalnya pelatihan militer, pelatihan kedokteran, dan pelatihan industri. Pelatihan dengan Simulasi Komputer dapat meminimalkan resiko terjadinya kesalahan pada manusia. Ketiga, sektor industri membuat multimedia sangat diperlukan untuk menyajikan informasi kepada atasan, rekan kerja, dan sebagainya. Contohnya penggunaan Power Point sebagai sarana penyajian informasi yang penting bagi perusahaan dan website sebagai sarana penyajian informasi yang penting bagi khalayak. Keempat, bidang pendidikan membuat pencarian bahan pembelajaran semakin mudah. Seperti ensikklopedia dan bahan rujukan lainnya. Adanya buku referensi di internet dapat meningkatkan minat belajar pada siswa yang ada[11].




















DAFTAR PUSTAKA

[14] Digital Multimedia ©2015 oleh Yulyani Arifin,S.Kom, MM., Michael Yosep Ricky, S.Kom, MM., Violitta Yesmaya, S.Kom, MTI
[15] https://gayahidupmu.com/2017/07/26/ciri-ciri-gaya-hidup-masyarakat-modern/
[16] https://dosenit.com/software/macam-macam-software-multimedia


Komentar

Postingan Populer