#MULTIMEDIA_MARET
Nama :
Didit Dwi Wijanarko
Kelas :
4IC08
NPM :
23414062
Hello
guys, kembali dengan saya Didit blogger karbitan yang hanya menulis di blog
hanya untuk tugas semata. Oke kali ini saya akan membahas tentang bagaimana pengertian
dan peranan apasih multimedia itu, mungkin sudah banyak dari kalian yang telah
memahami apa itu multimedia nah sebelum kita masuk ke berbagai pengetian dan
peranan multimedia secara umum atau dalam bidangnya masing-masing yuk kita simak sedikit video tentang multimedia yang saya
dapatkan di youtube. Berikut adalah video tentang apa itu multimedia :
Video
1.1 Apa itu Multimedia[8]
Video
diatas telah sedikit menjelaskan apa itu multimedia, sekarang yuk saat kita
bahas apa itu multimedia, manfaat multimedia ( secara umum maupun dalam bidang Pendidikan
dan lingkungan sekitar). Multimedia dijaman sekarang adalah salah satu yang
sudah tidak asing lagi bagi masyarakat modern, karena kehadirannya dapat
mempermudah kerja manusia itu sendiri. Berikut penjabaran tentang multimedia.
1.1 Pengertian
Multimedia
Kemajuan
di dunia teknologi membuat segala sesuatunya menjadi lebih mudah dan praktis.
Ada banyak temuan-temuan baru di dunia teknologi yang dapat mempermudah dan
mempercepat berbagai macam aktivitas yang dilakukan oleh manusia. Penemuan di
dunia teknologi informasi saja misalnya. Jika pada jaman dahulu informasi hanya
disebarkan dengan menggunakan salah satu media saja, maka saat ini informasi
dapat disebarkan dengan menggunakan berbagai macam media sekaligus[3].
Multimedia adalah
penggunaan komputer untuk
menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi
(link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi,
berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia
sering digunakan dalam dunia informatika. Selain dari dunia informatika,
multimedia juga diadopsi oleh dunia game, dan juga untuk membuat website[1] Multimedia juga
dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda dalam
menyampaikan informasi berbentuk text, audio, grafik, animasi, dan video. [4]
Gambar
1.1 Design Multimedia[5]
Oleh
itu, dengan menggabungkan seluruh elemen multimedia tersebut menjadikan
informasi dalam bentuk multimedia yang dapat diterima oleh indera penglihatan
dan pendengaran, lebih mendekati bentuk aslinya dalam dunia sebenarnya.
Multimedia enteraktif adalah apabila suatu aplikasi terdapat seluruh elemen
multimedia yang ada dan pemakai (user) diberi keputusan atau kemampuan untuk
mengawal dan menghidupkan elemen-elemen tersebut.[2]
1.2 Konsep Multimedia
Multimedia merupakan
suatu konsep dan teknologi baru bidang teknologi informasi, di mana informasi
dalam bentuk teks, gambar, suara, animasi, dan video disatukan dalam computer
untuk di simpan, diproses dan disajikan baik secara liner mahupun interaktif [2]
. Multimedia juga media yang menggabungkan 2 unsur atau lebih yang
terdiri dari text,grafis,gambar,foto,audio, dan animasi. Secara terintrograsi,
multimedia terbagi menjadi 2 katagori, yaitu[6] :
a. Multimedia Linier yaitu multimedia
yang tidak dilengkapi engan alat pengontrol apapun yang dapat dioperasikan oleh
pengguna. Multimedia ini berjalan berurutan. Contoh : Televisi dan Film.
b. Multimedia
Interaktif yaitu multimedia yang dilengkapi dengan pengontrol,yang dapat
dioperasikan oleh pengguna sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki
untuk proses selanjutnya. Contoh : Aplikasi games.
Gambar
1.2 Konsep Multimedia[7]
Pengertian
Multimedia menurut Para Ahli[3] :
a. Mc.Comick, 1996.
Menurut Mc. Comick, Multimedia merupakan gabungan dari tiga buah elemen penting
yang ada di dalamnya yaitu suara, tulisan, dan gambar.
b. Robin dan Linda, 2001.
Menurut Robin dan Linda, Multimedia adalah sebuah alat yang dapat digunakan
sebagai media presentasi yang lebih interaktif dan dinamis dimana dalam media
ini penggunanya dapat mengkombinasikan berbagai macam data seperti teks,
grafik, video, animasi, dan juga audio.
c. Hofstekter, 2001.
Menurut Hostekter, Multimedia dalam konteks komputer merupakan pemanfaatan
komputer sebagai media untuk membuat dan juga menyatukan data gambar, teks,
grafik, dan audio dengan menggunakan perangkat lunak yang memungkinkan
penggunanya untuk bisa berkreasi, berinteraksi dan berkomunikasi.
d. Turban, dkk, 2002.
Menurut Turban, dkk, pengertian Multimedia adalah kombinasi dari dua
buah media berupa input dan output. Media yang dikombinasikan dapat berupa
audio, video, teks, gambar, grafik, dan animasi.
1.3 Pemanfaatan Multimedia
Sekarang kita
masuk mengenai manfaat multimedia itu sendiri, banyak sekali manfaat multimedia
di jaman sekarang ini walau hanya sekedar memberikan informasi. Multimedia juga
banyak sekarang manfaat untuk berdagang bagi banyak orang untuk merasakan betapa
mudahnya mengakses atau mempromosikan dagangnya tersebut. Media berarti sarana
untuk membantu manusia berkomunikasi satu dengan yang lain[11]. Televisi
saja contohnya, di televisi, Anda dapat menikmati sajian informasi dalam bentuk
suara, gambar, grafik, tulisan, animasi, dan juga video secara bersamaan. Hal
ini tentunya membuat proses penyampaian informasi menjadi lebih akurat dan juga
menyenangkan. Teknologi yang diaplikasikan dalam media informasi ini disebut
dengan multimedia. Lantas apakah arti dari multimedia itu? Jika diartikan dari
frasa katanya, maka multimedia dapat diartikan sebagai beberapa gabungan media.
Meskipun dapat diartikan seperti itu, akan tetapi pada dasarnya, multimedia
memiliki cakupan yang jauh lebih luas dari sekedar gabungan beberapa media[9].
Gambar
1.3 Mudahnya Mencari Informasi[10]
Gambar diatas menerangkan
bahwa betapa mudahnya di era sekarang kita dapat dengan mudah mengakses atau
mencari sebuah informasi. Selain sarana untuk mecari informasi sekarang sudah
banyak social media yang dimanfaat untuk sebagian orang untuk berkenalan untuk
mecari pasangan atau sekedar menambah sebuah pertemanan, seperti facebook yang
booming di era 2011 atau twitter yang booming diera 2012. Banyak sekali manfaat
multimedia dalam bidang Pendidikan, bisnis, periklanan, dll.
1.4 Pemanfaatan Multimedia dalam Bidang Pendidikan
Multimedia sudah banyak
digunakan dalam dunia pendidikan. Dapat dilihat untuk materi pengajaran pada
anak-anak sudah banyak dibuat dalam bentuk permainan misalnya materi tentang
matematika dibuat menjadi permainan yang menyenangkan sehingga anak-anak mudah
memahami materinya. Atau permainan tentang pengenalan huruf seperti pada gambar
di samping ini[14]. Pada bagian 1.3 diatas merupakan bagaimana
manfaat multimedia secara umum, namun pada kali kita akan membahas tentang
peranan penting multimedia yang menguntungkan bagi atau dalam bidang Pendidikan.
Seperti ini adalah pemanfaat multimedia dalam bidang pembelajaran[6]
, sebagai berikut :
a. Memperbesar
benda yang kecil, yang tidak tangkap oleh mata.
b. Memperkecil
benda yang sangat besar, yang tidak mungkin dihadirkan disekolah.
c. Menyajikan
benda atau peristiwa yang kompleks,rumit,yang berlangsung cepat atau lambat
seperti sistem tubuh manusia,bekerjanya suatu mesin,peredaran planet
mars,berkembangnya bunga-bunga,dll.
d. Menyajikan
benda atau peristiwa yang jauh.
e. Menyaikan
benda atau peristiwa yang berbahaya.
f. Meningkatkan daya tarik dan perhatian
siswa.
Gambar
1.4 Multimedia dalam Bidang Pendidikan[12]
Selain manfaat diatas ada juga yang
menyimpulkan manfaat multimedia di bidang Pendidikan, yaitu adalah kelebihan - kelebihan
yang dimiliki teknologi multimedia untuk menjadi alat bantu pilihan bagi
kegiatan belajar-mengajar[9]:
a.
Multimedia membuat pelajar mengerti isi
pelajaran
b.
Multimedia membuat siswa mengingat dengan
mudah tentang isi pelajaran
c.
Multimedia menyampaikan isi pelajaran
dengan canggih dan berkesan
d.
Multimedia mampu menjadi sumber
pengetahuan
e.
Multimedia mampu mencari hubungan antara
satu ilmu dengan ilmu lain
f.
Multimedia mampu menunjukkan dunia sekitar
yang kaya dengan ilmu pengetahuan
g.
Multimedia kaya dengan berbagai aktivitas
pembelajaran
h.
Multimedia mampu menghibur selama proses
pembelajaran
i.
Multimedia membuat terjadinya interakti
antara siswa dengan teknologi terkini
j.
Multimedia memberi peluang kepada guru
untuk mengubah kaidah pengajaran
k.
Multimedia membuat proses belajar dan
mengajar menjadi lebih menyenangkan
l.
Multimedia memudahkan pembelajaran yang
berpusatkan pada siswa karena siswa diberi kebebasan memilih bahan pembelajaran
sendiri dan belajar pada kadar yang sesuai dengan diri sendiri
m.
Multimedia mengajari setiap siswa dengan
gaya pembelajaran yang berbeda
n.
Multimedia menggalakkan pembelajaran
kooperatif dan interaktif di antara siswa melalui diskusi
o.
Multimedia memudahkan pembelajaran yang
berasaskan konstruktivisme.
p.
Multimedia memudahkan siswa mempunyai
kebebasan belajar sendiri tanpa dipengaruhi oleh pihak-pihak lain.
q.
Siswa dapat memilih bahan pembelajaran
sendiri dan belajar dengan kadar yang sesuai dengan minat dan kehendak sendiri.
1.5
Multimedia di Kalangan Masyarakat
Penggunaan Multimedia interkatif sangat bermanfaat dikalangan
masyarakat, karena dapat membantu mereka untuk lebih mudah memahami informasi
yang ingin disampaikan oleh si pembuat[13]. Multimedia
di tempat umum biasanya dalam bentuk kios informasi. Pada tempat umum seperti
tempat pembelanjaan atau perbankan sering kali menyediakan kios informasi
sehingga untuk situasi tertentu dapat langsung mencari informasi yang
diinginkan tanpa perlu menunggu bantuan dari petugas. Di tempat hiburan seperti
Dunia Fantasi juga memerlukan kios informasi seperti ini. Dengan tampilan yang
menarik pada kios informasi ini memudahkan pengunjung mencari informasi yang
dibutuhkan[14].
Gambar
1.5 Multimedia Mempermudah Kerja Masyarakat[15]
Penggunaan
multimedia juga sudah dapat ditemukan di rumah tangga. Bisa terlihat pada
televisi yang sudah menggunakan interactive TV, kemudian rekaman video yang
bisa ditransfer menjadi format digital, membuat animasi dari berbagai macam
foto kenangkenangan seperti foto pernikahan (Gb), dan lain sebagainya.
1.6 Aplikasi Multimedia
Perkembangan multimedia dari jaman ke jaman semakin maju
pesat. Hal ini ditandai dengan perubahan media hiburan masyarakat mulai dari
radio hingga sekarang muncul sebuah televisi. Sehubungan dengan hal itu,
perkembangan software multimedia juga semakin banyak bermunculan. Software
multimedia merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah berbagai
media informasi seperti teks, gambar, video, foto, audio, dan lain lainnya.
Banyak software yang bermunculan mulai dari yang hanya dapat melihat saja
hingga dapat digunakan untuk membuat dan mengedit. Software multimedia dapat
dikategorikan menjadi 5 jenis yaitu untuk animasi, desain, audio, foto dan
video. Nah dibawah ini berikut beberapa software multimedia yang saat ini sering
digunakan oleh banyak orang[16] :
1.
Media
Player
Media
player merupakan sejenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah
informasi dalam bentuk audio atau video. Beberapa aplikasi media player
biasanya sudah dapat memutar informasi baik video maupun audio. Beberapa
software media player antara lain adalah:
a. Windows
Media Player: Software ini diproduksi oleh Microsot dan merupakan satu
paket dalam Microsoft Windows
b. Winamp: Software
ini bersifat freeware / komersil dan diproduksi oleh Nullsoft. Inc
c. Power
DVD: software ini diproduksi oleh Cyberlink
d. DivX
Player: software ini bersifat freeware dan diproduksi oleh DivXNetwork Inc
e. XMMS: software audio ini bersifat open source dan berada di naungan lisensi GNU (General Public Lisensi)
e. XMMS: software audio ini bersifat open source dan berada di naungan lisensi GNU (General Public Lisensi)
2. Image Editor
Perangkat lunak ini memiliki fungsi untuk
menggambar dan mengedit image atau foto. Saat ini sudah banyak software
software image editor yang bermunculan. Dari yang memiliki fungsi editing
sederhana hingga fitur yang kompleks. Terdapat dua jenis image yang dihasilkan
oleh sebuah image editor yaitu bitmap image dan vector image. Beberapa contoh
software image editor antara lain adalah:
a. Adobe Photoshop Software ini merupakan pengolah gambar dan
foto yang cukup populer saat ini. Adobe photoshop dibekali dengan berbagai
macam fitur yang lengkap sehingga membuatnya sebagai salah satu software
multimedia terbaik. Software ini dibekali dnegan basis bitmap yang merupakan
kumpulan titik titik dengan kerapatan tertentu yang dikenal dengan nama pixel.
Photoshop sering digunakan para fotografer dan beberapa perusahaan untuk
mengedit hasil gambar dan foto dengan berbagai macam tambahan efek didalamnya.
Saat ini ada beberapa versi photoshop yang beredar di kalangan pengguna antara
lain adalah
·
Photoshop CS ( Creative Suite ) ,
versi 8
·
Photoshop CS2, versi 9
·
Adobe Photoshop CS3, versi 10
·
Adobe Photoshop CS4, versi 11
·
Adobe Photoshop CS5, versi 12 (versi
terbaru)
3. Audio/Video Editor
Jenis perangkat lunak ini dapat digunakan untuk
mengedit dan membuat media dalam bentuk video dan audio. Prose pengeditan video
dan audio biasanya berupa konversi format, manipulasi kualitas,dan masih banyak
lainnya. Berikut ini beberapa software editing video dan audio saat ini :
a. Adobe
Premiere Pro: Software multimedia ini dapat mengedit video dengan format
dan kualitas yang tinggi. Bersifat komersial dan diproduksi langsung oleh Adobe
System
b. Windows
Movier Maker: Software yang satu ini merupakan aplikasi yang sudah
disematkan pada sistem operasi Windows. Movie marker dapat membuat sebuah
project video dengan mudah. Selain itu, anda juga dapat menambahkan efek
transisi, gambar, mengatur durasi video dan lain lain.
c. Audacity: Audacity
merupakan software yang khusus untuk menangani masalah audio. Software ini
memiliki kegunaan untuk mengolah, memotong, memperbanyak, dan menyatukan
berbagai jenis file audio. Selain itu, software ini juga dapat digunakan untuk
merekam suara, memberi efek suara dan masih banyak kegunaan lainnya. Audacity
sangat dikenal karena keunggulan yang kecil dan cepat serta untuk menggunakan
software ini tidak perlu menggunakan spesifikasi yang khusus. Software pengolah
suara ini juga dibekali dengan berbagai macam fitur sehingga membuat banyak
pengguna tertarik untuk menggunakannya. Tidak salah jika Audacity muncul
sebagai aplikasi audio terbaik.
4. Graphic/ Image Viewer
Perangkat lunak ini digunakan untuk melihat (view)
gamabr secara terorganisasi dalam sebuah direktori. Saat ini sudah banyak
format image yang dapat didukung oleh aplikasi image viewer seperti bmp,
jpeg/jpg, gif, png, ico, dan lain lain. Berikut beberapa aplikasi image viewer
yang ada saat ini :
a. ACDSee
b. XNView
c. Irfan
View
d. Microsoft
Picture Manager
e. Microsoft
Picture and Fax Viewer
5. Animasi
Jenis software yang satu ini memang dikhususkan untuk membuat mengedit dalam bentuk animasi. Animasi merupakan gambar bergerak ataupun video yang digabungkan dengan konten gambar yang fiktif. Beberapa contoh software yang khusus tentang animasi antara lain adalah:
Jenis software yang satu ini memang dikhususkan untuk membuat mengedit dalam bentuk animasi. Animasi merupakan gambar bergerak ataupun video yang digabungkan dengan konten gambar yang fiktif. Beberapa contoh software yang khusus tentang animasi antara lain adalah:
a. Macromedia
Flash
b. Houdini
Animation Software
c. Power
Animator
d. Dan
lain-lainnya
6. Grafik 3D
Perangkat lunak ini digunakan untuk
membuat dan mengedit informasi dalam bentuk gambar 3D. 3 Dimensi merupakan
representasi gambar dalam bentuk geometri 3 dimensi. Beberapa contoh perangkat
lunak grafik 3D antara lain adalah 3DVIA Shape: Software ini merupakan
salah satu aplikasi ringan yang sangat diperuntukkan bagi anda yang ingin
membuat model 3D dan mengunggahnya ke internet. Software ini memberikan
kebebasan bagi penggunanya untuk menggambar objek bebas dengan menyediakan
komponen komponen yang telah ditetapkan dalam ruang kerja seperti persegi
panjang, busur dan lain lainnya. Salah satu fitur unggulan dari software ini
adalah dapat memungkinkan secara otomatis untuk mengukur jarak yang anda pilih
ketika anda akan menambahkan komponen geometris baru. Anda juga dapat menata
objek dengan mendorong dan menariknya serta men drag di area yang
anda inginkan. Selain itu anda juga dapat mengubah ukuran, memutar dan
membungkukan ujung-ujung garis pada objek yang anda buat.
Secara tidak sadar, selama ini kita sudah sering melihat konten-konten multimedia. Baik lewat media massa seperti televisi, radio, dan surat kabar, maupun lewat daring seperti YouTube, Google, dan sebagainya. Aplikasi multimedia menyasar banyak bidang. Pertama, industri kreatif menggunakan multimedia untuk konten hiburan, jurnalisme, iklan, dan sebagainya. Iklan tidak hanya menyasar pada industri kreatif melainkan bisnis. Sering sekali kita menemukan bahwa dibalik iklan yang kreatif, diperlukan uang yang banyak untuk membuat konten yang menarik dan menghibur. Kedua, perangkat lunak sudah menggunakan multimedia sebagai sarana untuk belajar melalui Simulasi Komputer. Misalnya pelatihan militer, pelatihan kedokteran, dan pelatihan industri. Pelatihan dengan Simulasi Komputer dapat meminimalkan resiko terjadinya kesalahan pada manusia. Ketiga, sektor industri membuat multimedia sangat diperlukan untuk menyajikan informasi kepada atasan, rekan kerja, dan sebagainya. Contohnya penggunaan Power Point sebagai sarana penyajian informasi yang penting bagi perusahaan dan website sebagai sarana penyajian informasi yang penting bagi khalayak. Keempat, bidang pendidikan membuat pencarian bahan pembelajaran semakin mudah. Seperti ensikklopedia dan bahan rujukan lainnya. Adanya buku referensi di internet dapat meningkatkan minat belajar pada siswa yang ada[11].
DAFTAR PUSTAKA
[5] Kompasiana.com
[10] Alim Sumarno.com
[14] Digital Multimedia
©2015 oleh Yulyani Arifin,S.Kom, MM., Michael Yosep Ricky, S.Kom, MM., Violitta
Yesmaya, S.Kom, MTI
[15] https://gayahidupmu.com/2017/07/26/ciri-ciri-gaya-hidup-masyarakat-modern/
[16] https://dosenit.com/software/macam-macam-software-multimedia
Komentar
Posting Komentar