Yamaha NMAX 150 atau Honda PCX 150
Nmax (merah) dan Pcx (Hitam) |
Honda
PCX merupakan pemain pertama disegmen skutik premium merek Jepang. Saat awal
kehadirannya skutik ini hadir dalam versi mesin 125 cc, sebelum akhirnya
berganti menjadi 150 cc. Motor ini sendiri merupakan produk import yang
didatangkan dari Thailand.
Memasuki generasi kedua, Honda
PCX 150 tampil lebih elegan dan modern. Masih produk import juga dan
perawakannya pun masih mengadopsi model elegan, hanya saja model terbaru ini
didatangkan dari Vietnam. Tapi kini PCX 150 mendapatkan lawan dari Yamaha dengan
Nmax, inilah skutik segmen premium dari pabrikan garputala.
Duel sengit keduanya pun
terjadi. Yamaha Nmax 150 dengan image produk global Yamaha dan
menekankan diri pada sporty style-nya, jadi daya tarik tersendiri bagi
masyarakat. Skutik ini sendiri dirakit di pabrik Yamaha di kawasan Pulo Gadung,
Jakarta Timur.
Lantas mana yang lebih layak
mengisi garasi rumah Anda jika menginginkan skutik papan atas ini? Kami akan
coba membandingkan keduanya.
Desain
Tampak samping Nmax (hitam) dan Pcx (Merah) |
Ini memang persoalan selera, Honda PCX 150 menawarkan desain yang modern dengan tampilan elegan. Kesan mewah terpancar dari bentuk bodi, model headlamp hingga pilihan warna yang diberikan. Motor ini cocok untuk Anda yang berjiwa perfeksionis yang ingin tampil eksklusif.
Maka lain lagi dengan Yamaha
Nmax 150 yang menurut kami lebih kuat aura sporty-nya. Lihat saja leuk-lekuk
bodinya terdapat sudut-sudut yang menguatkan kesan tersebut. Begitu juga dengan
tampilan wajahnya dengan headlamp yang berkesan sporty.
Mesin
CVT Nmax dan Pcx |
Mengenai jantung mekanis, mesin
Honda PCX 150 dibekali teknologi unggulan khas skutik Honda. Mulai dari mesin
berteknologi eSP (enchanced smart power), ACG starter, Idling stop system yang
dilengkapi dengan pendingin cairan.
Sedangkan Yamaha Nmax mengusung
teknologi mesin Blue Core, yang dilengkapi dengan VVA (variable valve
actuation), yang mengatur kinerja empat klep-nya. Yamaha juga menggunakan
pendingin cairan untuk menjaga performa mesin lebih baik.
Meski keduanya sama-sama
bersilinder tunggal, nyatanya Yamaha Nmax lebih unggul dalam hal performa.
Yamaha Nmax 150 mampu hasilkan 14,7 daya kuda pada putaran 8.000 rpm, dengan
torsi puncak 14,4 Nm diputaran 6.00 rpm. Sedangkan PCX 150 hanya bisa mencatat
12,9 daya kuda pada putaran 8.500 rpm, dengan torsi 13,1 Nm pada 5.500 rpm.
Tapi Honda PCX 150 boleh
berbangga dengan konsumsi bahan bakarnya, skutik ini mampu mencatatkan angka 42
kilometer per liter. Sedangkan Yamaha Nmax 150 dikisaran 34 kilometer per
liter. Konsekuensi dari mesin yang lebih responsif harus dibayar pengguna
Yamaha Nmax 150.
Kaki-Kaki
Shock depan Nmax dan Pcx |
Skutik jagoan Honda dibekali
dengan pelek berdiameter 14 inci, dengan ukuran ban 90/90-14 dan 100/90-14.
Untuk menjinakkan laju skutik, Honda membekalinya dengan rem cakram depan dan
tromol pada belakang.
Sementara Yamaha Nmax 150
menggunakan lingkar pelek 13 inci, yang bai sebagian orang akan menyulitkan
untuk mencari merek ban selain ban genuine. Tapi dengan ukuran ban 110/70-13
dan 130/70-13, membuat roda Nmax nampak lebih besar.
Soal pengereman, PCX 150
dilengkapi cakram tunggal di depan dan tromol di belakang, dengan tambahan
teknologi combi brake system. Sedangkan Nmax 150 mengusung rem cakram dikedua
roda, dengan tambahan fitur Anti-lock Braking System (ABS).
Dimensi
Membandingkan keduanya,
sama-sama berdimensi besar. Honda PCX 150 berukuran 1.970 mm x 738 mm x 1.094
mm. Tapi Yamaha Nmax 150 ternyata lebih besar sedikit dari pesaingnya itu meski
kalah panjang, ukurannya 1.955 mm (P) x 740 mm (L) x 1.115 mm (T).
Fitur
Speedometer Pcx dan Nmax |
Honda PCX 150 melengkapi
kemewahannya dengan fitur andalan seperti idling stop system, combi
brake system, side stand switch, rem tangan hingga LED headlamp,
hingga spidometer unik dengan jarum penunjuk kecepatan berada disisi luar. Sayangnya, fitur parking
brake lock tak disematkan di skutik premium ini. Padahal Vario sudah
mengaplikasi ini sejak lama.
Sementara Yamaha Nmax 150
menawarkan mesin dengan fitur VVA yang bertugas mengatur buka-tutup klep sesuai
putaran mesin. Pengereman dengan ABS lebih aman mencegah ban mengunci. Pengaman
standar samping dan LED headlamp. Sama halnya dengan PCX, Nmax juga tak
disematkan fitur parking brake lock.
Komparasi Spesifikasi
komparasi spesifikasi
dasar
Honda PCX 153
|
Yamaha NMAX 155
|
|
Kubikasi
|
153 cc
|
155 cc
|
buatan
|
Vietnam
|
Indonesia
|
Harga ( otr pulau jakarta )
|
Rp. 39,8 juta
|
Rp. 27,4 juta
|
Power
|
13,5 PS @8500
|
15.09 PS @ 8000
|
Torsi
|
13,7 N.m @5500
|
14.4 N.m @ 6000
|
komparasi fitur
Honda PCX 153
|
Yamaha NMAX 155
|
|
Answer back system
|
ya
|
Tidak
|
Parking lock brake
|
ya
|
Tidak
|
ABS
|
tidak
|
Ya
|
Helm in
|
ya
|
Ya
|
Lampu
|
All LED
|
Led + Bulb
|
Ban lebar
|
tidak
|
Ya
|
komparasi rem
Honda PCX 153
|
Yamaha NMAX 155
|
|
Rem depan
|
Cakram
|
Cakram ( ABS )
|
Rem belakang
|
tromol
|
Cakram ( ABS )
|
komparasi suspensi
Honda PCX 153
|
Yamaha NMAX 155
|
|
depan
|
Teleskopik empuk
|
Teleskopik empuk
|
Belakang
|
Per ganda keras kala sendirian
|
Per ganda keras kala sendirian
|
nah ini komparasi
dari data otomotifnet, mengejutkan
komparasi performace
diatas aspal dengan racelogic
Honda PCX 153
|
Yamaha NMAX 155
|
|
0-60 km/jam
|
6,2 dtk
|
6,2 dtk
|
0-80 km/jam
|
12,1 dtk
|
11,1 dtk
|
0-100 km/jam
|
23,2 dtk
|
21,1 dtk
|
0-100 m
|
8,3 dtk
|
8,6 dtk
|
0-201 m
|
12,8 dtk
|
13 dtk
|
Top Speed
|
114 km/h
|
112 km/h
|
Konsumsi bahan bakar
|
46,6 km/ liter pertamax 92
|
48 km/ liter petamax 92
|
kalau di chart kan…
wow beda tipis…
tospeed honda PCX 153 lebih kencang, yakni 114
km/jam, sementara yamaha nmax 112 km/jam beda tipis ! akelerasi honda pcx 153
lebih kencang untuk ukuran 0-100/0-201 meter akselerasi yamaha nmax lebih kencang
untuk menuju 80-100 km/ km dalam posisi diam yamaha nmax lebih irit bahan bakar
yakni tembus 48 km/ liter pertamax 92
Harga
Dengan segala kelebihannya, PT
Astra Honda Motor melabeli Honda PCX 150 dengan angka Rp39,8 juta. Sedangkan
Yamaha Nmax 150 sebagai produk global dari PT Yamaha Indonesia Motor
Manufacturing, dipasangkan harga Rp27,9 juta (ABS) dan Rp23,5 juta (non ABS).
Kesimpulan
Sebagai pemain pertama di
segmennya, Honda PCX 150 layak lebih waspada dengan kehadiran Yamaha Nmax 150.
Tidak bisa dibantah jika harga yang jadi tolak ukurnya, tapi dengan fitur yang
bisa dikatakan lebih komplit, Honda PCX 150 sudah punya tepat tersendiri dihati
penggemarnya.
SUMBER:
·
http://otomotif.metrotvnews.com/read/2015/06/26/407872/komparasi-honda-pcx-150-vs-yamaha-nmax-150-pilih-elegan-atau-sporty
Komentar
Posting Komentar