Yamaha NMAX 150 atau Honda PCX 150

Nmax (merah) dan Pcx (Hitam)

Honda PCX merupakan pemain pertama disegmen skutik premium merek Jepang. Saat awal kehadirannya skutik ini hadir dalam versi mesin 125 cc, sebelum akhirnya berganti menjadi 150 cc. Motor ini sendiri merupakan produk import yang didatangkan dari Thailand.

Memasuki generasi kedua, Honda PCX 150 tampil lebih elegan dan modern. Masih produk import juga dan perawakannya pun masih mengadopsi model elegan, hanya saja model terbaru ini didatangkan dari Vietnam. Tapi kini PCX 150 mendapatkan lawan dari Yamaha dengan Nmax, inilah skutik segmen premium dari pabrikan garputala.

Duel sengit keduanya pun terjadi. Yamaha Nmax 150 dengan image produk global Yamaha dan menekankan diri pada sporty style-nya, jadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Skutik ini sendiri dirakit di pabrik Yamaha di kawasan Pulo Gadung, Jakarta Timur.

Lantas mana yang lebih layak mengisi garasi rumah Anda jika menginginkan skutik papan atas ini? Kami akan coba membandingkan keduanya.

Desain
Tampak samping Nmax (hitam) dan Pcx (Merah)

Ini memang persoalan selera, Honda PCX 150 menawarkan desain yang modern dengan tampilan elegan. Kesan mewah terpancar dari bentuk bodi, model headlamp hingga pilihan warna yang diberikan. Motor ini cocok untuk Anda yang berjiwa perfeksionis yang ingin tampil eksklusif.

Maka lain lagi dengan Yamaha Nmax 150 yang menurut kami lebih kuat aura sporty-nya. Lihat saja leuk-lekuk bodinya terdapat sudut-sudut yang menguatkan kesan tersebut. Begitu juga dengan tampilan wajahnya dengan headlamp yang berkesan sporty.

Mesin
CVT Nmax dan Pcx

Mengenai jantung mekanis, mesin Honda PCX 150 dibekali teknologi unggulan khas skutik Honda. Mulai dari mesin berteknologi eSP (enchanced smart power), ACG starter, Idling stop system yang dilengkapi dengan pendingin cairan.

Sedangkan Yamaha Nmax mengusung teknologi mesin Blue Core, yang dilengkapi dengan VVA (variable valve actuation), yang mengatur kinerja empat klep-nya. Yamaha juga menggunakan pendingin cairan untuk menjaga performa mesin lebih baik.

Meski keduanya sama-sama bersilinder tunggal, nyatanya Yamaha Nmax lebih unggul dalam hal performa. Yamaha Nmax 150 mampu hasilkan 14,7 daya kuda pada putaran 8.000 rpm, dengan torsi puncak 14,4 Nm diputaran 6.00 rpm. Sedangkan PCX 150 hanya bisa mencatat 12,9 daya kuda pada putaran 8.500 rpm, dengan torsi 13,1 Nm pada 5.500 rpm.

Tapi Honda PCX 150 boleh berbangga dengan konsumsi bahan bakarnya, skutik ini mampu mencatatkan angka 42 kilometer per liter. Sedangkan Yamaha Nmax 150 dikisaran 34 kilometer per liter. Konsekuensi dari mesin yang lebih responsif harus dibayar pengguna Yamaha Nmax 150.

Kaki-Kaki
Shock depan Nmax dan Pcx

Skutik jagoan Honda dibekali dengan pelek berdiameter 14 inci, dengan ukuran ban 90/90-14 dan 100/90-14. Untuk menjinakkan laju skutik, Honda membekalinya dengan rem cakram depan dan tromol pada belakang.

Sementara Yamaha Nmax 150 menggunakan lingkar pelek 13 inci, yang bai sebagian orang akan menyulitkan untuk mencari merek ban selain ban genuine. Tapi dengan ukuran ban 110/70-13 dan 130/70-13, membuat roda Nmax nampak lebih besar.

Soal pengereman, PCX 150 dilengkapi cakram tunggal di depan dan tromol di belakang, dengan tambahan teknologi combi brake system. Sedangkan Nmax 150 mengusung rem cakram dikedua roda, dengan tambahan fitur Anti-lock Braking System (ABS).

Dimensi
Membandingkan keduanya, sama-sama berdimensi besar. Honda PCX 150 berukuran 1.970 mm x 738 mm x 1.094 mm. Tapi Yamaha Nmax 150 ternyata lebih besar sedikit dari pesaingnya itu meski kalah panjang, ukurannya 1.955 mm (P) x 740 mm (L) x 1.115 mm (T).

Fitur
Speedometer Pcx dan Nmax

Honda PCX 150 melengkapi kemewahannya dengan fitur andalan seperti idling stop system, combi brake system, side stand switch, rem tangan hingga LED headlamp, hingga spidometer unik dengan jarum penunjuk kecepatan berada disisi luar. Sayangnya, fitur parking brake lock tak disematkan di skutik premium ini. Padahal Vario sudah mengaplikasi ini sejak lama.

Sementara Yamaha Nmax 150 menawarkan mesin dengan fitur VVA yang bertugas mengatur buka-tutup klep sesuai putaran mesin. Pengereman dengan ABS lebih aman mencegah ban mengunci. Pengaman standar samping dan LED headlamp. Sama halnya dengan PCX, Nmax juga tak disematkan fitur parking brake lock.

Komparasi Spesifikasi
komparasi spesifikasi dasar
Honda PCX 153
Yamaha NMAX 155
Kubikasi
153 cc
155 cc
buatan
Vietnam
Indonesia
Harga ( otr pulau jakarta )
Rp. 39,8 juta
Rp. 27,4 juta
Power
13,5 PS @8500
15.09 PS @ 8000
Torsi
13,7 N.m @5500
14.4 N.m @ 6000
komparasi fitur
Honda PCX 153
Yamaha NMAX 155
Answer back system
ya
Tidak
Parking lock brake
ya
Tidak
ABS
tidak
Ya
Helm in
ya
Ya
Lampu
All LED
Led + Bulb
Ban lebar
tidak
Ya
 komparasi rem
Honda PCX 153
Yamaha NMAX 155
Rem depan
Cakram
Cakram ( ABS )
Rem belakang
tromol
Cakram ( ABS )
 komparasi suspensi

Honda PCX 153
Yamaha NMAX 155
depan
Teleskopik empuk
Teleskopik empuk
Belakang
Per ganda keras kala sendirian
Per ganda keras kala sendirian
 nah ini komparasi dari data otomotifnet, mengejutkan
komparasi performace diatas aspal dengan racelogic
Honda PCX 153
Yamaha NMAX 155
0-60 km/jam
6,2  dtk
6,2  dtk
0-80 km/jam
12,1 dtk
11,1 dtk
0-100 km/jam
23,2 dtk
21,1 dtk
0-100 m
8,3 dtk
8,6 dtk
0-201 m
12,8 dtk
13 dtk
Top Speed
114 km/h
112 km/h
Konsumsi bahan bakar
46,6 km/ liter pertamax 92
48 km/ liter petamax 92
 kalau di chart kan…

wow beda tipis…

tospeed honda PCX 153 lebih kencang, yakni 114 km/jam, sementara yamaha nmax 112 km/jam beda tipis ! akelerasi honda pcx 153 lebih kencang untuk ukuran 0-100/0-201 meter akselerasi yamaha nmax lebih kencang untuk menuju 80-100 km/ km dalam posisi diam yamaha nmax lebih irit bahan bakar yakni tembus 48 km/ liter pertamax 92

Harga
Dengan segala kelebihannya, PT Astra Honda Motor melabeli Honda PCX 150 dengan angka Rp39,8 juta. Sedangkan Yamaha Nmax 150 sebagai produk global dari PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, dipasangkan harga Rp27,9 juta (ABS) dan Rp23,5 juta (non ABS).

Kesimpulan
Sebagai pemain pertama di segmennya, Honda PCX 150 layak lebih waspada dengan kehadiran Yamaha Nmax 150. Tidak bisa dibantah jika harga yang jadi tolak ukurnya, tapi dengan fitur yang bisa dikatakan lebih komplit, Honda PCX 150 sudah punya tepat tersendiri dihati penggemarnya.

SUMBER:

·         http://otomotif.metrotvnews.com/read/2015/06/26/407872/komparasi-honda-pcx-150-vs-yamaha-nmax-150-pilih-elegan-atau-sporty

Komentar

Postingan Populer