PERBANDINGAN ANTARA TOYOTA RUSH DAN DAIHATSU TERIOS


Toyota Rush dan Daihatsu Terios

A.    PENDAHULUAN
Saat ini persaingan dalam dunia bisnis terasa semakin ketat, hal tersebut juga dapat dirasakan di indonesia. Salah satu dalam industri otomotif. Perkembangan industri otomotif di indonesia memberikan peningkatan pertumbuhan ekonomi. Berbagai perusahaan resmi otomotif di indonesia mulai terlihat perkembangan penjualannya. Salah satunya pada kendaraan beroda empat atau mobil. Dilihat dari segi ukuran, harga, dan kegunaan penggunaanya, mobil merupakan alat transportasi yang sangat dibutuhkan.
Toyota Rush

Banyaknya perusahaan industri mobil seperti Toyota, Daihatsu, Mistubishi, Honda, dan lain-lain yang menciptakan jenis-jenis mobil dengan berbagai keunggulan dan kelebihan membuat persaingan semakin ketat dalam bisnis penjualan mobil. Hal tersebut telah mendorong perusahaan untuk bergerak lebih aktif dalam memasarkan produknya dan perusahaan pun harus lebih mengetahui dan memahami kebutuhan dan keinginan konsumen. Hal ini berdampak pada konsumen, keanekaragaman jenis mobil yang ada saat ini telah mendorong konsumen untuk melakukan identifikasi mengenai minat pembelian saat menentukan suatu merek yang memenuhi dengan kriteria sebagai mobil yang sesuai bagi mereka. 2 Setiap produsen atau perusahaan berusaha keras agar melalui produk yang dihasilkannya dapat mencapai tujuan dan sasaran perusahaan. Agar produk yang dihasilkannya dapat terjual dan terbeli oleh konsumen dengan perolehan harga yang berkesinambungan terus menerus dalam waktu yang panjang. Unuk mencapai tujuan perusahaan, setiap perusahan berupaya menciptakan merek bagi setiap produknya untuk memancing minat dan perhatian pelanggan. Merek (brand) adalah sebuah nama, istilah, tanda, lambang, desain, atau kombinasi semua ini, untuk menunjukan identitas pembuat atau penjual produk atau jasa (Kotler dan Amstrong, 2008). Karena itu pemberian merek yang tepat serta dukungan pemasaran yang baik akan membantu terciptanya keberhasilan suatu produk.
Daihatsu Terios

Kondisi persaingan yang semakin ketat membuat perusahaan harus dapat memaksimalkan penggunaan sumber daya –sumber daya dengan efektif dan efisien, salah satunya dengan menciptakan dan melakukan pencitraan yang baik untuk mempengaruhi pandangan konsumen mengenai produk mereka, yaitu melalui citra merek. Citra merek mempresentasikan keseluruhan persepsi terhadap merek dan dibentuk dari informasi dan pengalaman masa lalu terhadap merek itu (Sutisna, 2002:83). Persaingan perusahaan untuk menarik konsumen tidak lagi terbatas pada teknis dan fungsional suatu produk, tetapi juga sudah dikaitkan dengan merek yang mampu memberikan citra khusus bagi pemakai.

B.     PEMBAHASAN

 1. Perbedaan antara Toyota Rush dan Daihatsu Terios
     Terios dan Rush adalah salah satu produk kolaborasi pabrikan Daihatsu dan Toyota. Kolaborasi ini  - seperti halnya kolaborasi Avanza dan Xenia - dapat dilakukan karena Daihatsu Motor Company (DMC) saham mayoritasnya sudah dimiliki oleh Toyota Motor Company (TMC) atau dengan kata lain DMC merupakan anak perusahaan TMC Awalnya, Toyota dan Daihatsu memiliki segmentasi yang berbeda. Toyota lebih populer di masyarakat Indonesia karena memang variasi produknya lebih banyak (berupa MPV, Sedan, Minibus, Truk) dan konsumen merasa lebih dimanjakan. Sedangkan Daihatsu, sebelum kolaborasi lebih dikenal sebagai mobil kompak, keluarga, dan niaga. Varian produk Daihatsu juga relatif lebih sedikit. 
Toyota Rush (Tampak Belakang)

      
Sebagaimana produk kolaborasi lainnya, secara umum Terios dan Rush terlihat sama jika dilihat sekilas. Bahkan bagi orang awam, mereka bilang sama saja antara Terios dan Rush. Karena memang didesain untuk segmentasi sedikit berbeda Walau Rush dan Terios hadir sebagai produk kolaborasi, namun pihak Toyota mengklaim target pasar untuk Rush berbeda dengan Daihatsu Terios. Toyota Rush diposisikan untuk konsumen yang mau SUV sporty, sementara Daihatsu Terios disuguhkan bagi yang menginginkan SUV keluarga. Hal ini disampaikan Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) Johnny Darmawan di Jakarta. Ia menuturkan meski sepintas sama, tapi Rush dan Terios sebenarnya punya peruntukan yang berbeda. "Kalau Terios untuk mereka yang menginginkan SUV keluarga karena memiliki tiga baris jok. Tetapi kalau Toyota Rush lebih ditujukan yang suka SUV sporty," tegas Johnny. Dirinya juga menjelaskan perbedaan inilah yang membuat proses pengembangan baik Daihatsu Terios maupun Toyota Rush benar-benar berbeda. "Jadi kalau untuk New Rush dan New Terios perubahannya berbeda satu sama lain ya karena memang proses pengembangannya berjalan sendiri-sendiri sesuai dengan target pasarnya," tutup Johnny.

    2. Persamaan antara Toyota Rush dan Daihatsu Terios
Daihatsu Terios (Tampak Belakang)

      Persamaan Terios dan Rush adalah pada frame dan basic body-nya. Semua komponen utama sasis dan outer part utama dibuat dengan mesin press yang sama dan dibuat dipabrik yang sama. Kecuali untuk Toyota Rush yang diekspor, pada beberapa bagian menggunakan material dengan spesifikasi lebih tinggi.

       3. Tabel Kelebihan dan Kekurangan

Toyota Rush

Daihatsu Terios

Kelebihan
Kekurangan
Kelebihan
Kekurangan
Penggunaan teknologi terbaru seperti EBD atau ( Brake Force Distribution) dan juga ABS ( AntilockBeaking System)
Sangat limbung
Performa mesin tangguh karena didukung volume silinder 1500 cc
Akselarasi atau tarikan mesin masih kurang

Menggunakan AC Double Blower
Tenaga kecil
Menggunakan AC Double Blower
Sistem suspensi kurang bagus, sehingga kurang stabil saat menikung tajam

Pemakaian BBM irit berkat sistem teknologi Fuel Injection

Suara mesin lumayan kasar
Pemakaian BBM irit berkat sistem teknologi Fuel Injection

Suara mesin masih dapat masuk ke kabin

Kapasitas bagasi besar
Ruang kaki belakang penumpang lumayan sempit
Kursi penumpang lega dan tidak sempit
tidak adanya fitur Airbag, Rem ABS serta ABS atau Auto Brake Sistem
Dukungan spare part bagus dan harganya terjangkau

Desain. Mobil ini memiliki sisi negatif dalam segi desain. Di karenakan desain Toyota Rush ini sama dengan desain Daihatsu Terios. Desain kedua mobil ini sama persis, terlebih lagi pada bagian eksterior
Dukungan spare part bagus dan harganya terjangkau

Belum ada Audio Switch pada bagian setir

Mampu melewati medan yang ekstrim. Toyota Rush sendiri memang di desain untuk di gunakan di segala medan baik itu medan yang mudah ataupun medan yang sulit sekalipun
Pengendalian. Mobil Toyota Rush ini merupakan mobil yang memiliki ukuran yang besar. Dengan ukuran yang besar tersebut mobil ini sedikit susah untuk di kendalikan. Akan tetapi untuk yang sudah terbiasa mengendalikan mobil ini juga tidak terlalu sulit
Tampilan body yang sangat kental sekali dengan konsep adventure

Ruang kaki penumpang belakang sempit


C.  KESIMPULAN 
Baik Daihatsu Terios maupun Toyota Rush, masing-masing punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika anda menghitung nilai ekonomis dan kapasitas penumpang, maka Daihatsu Terios lebih cocok. Namun jika anda menginginkan kenyamanan maka Toyota Rush adalah pilihan yang tepat

Sumber : 
2. elib.unikom.ac.id 
3. http://www.otodaeng.com/2015/11/4-kelebihan-dan-kekurangan-mobil-toyota.html
4. http://www.topgir.com/2016/03/review-spesifikasi-harga-toyota-rush.html
5. http://superpolishpremium.com/daihatsu-terios-kelebihan-dan-kekurangan/
6. http://distributorbanradial.com/kendaraan/apa-saja-kelebihan-dan-kekurangan-mobil-daihatsu-terios/
7. http://otodrift.com/kelebihan-dan-kekurangan-daihatsu-terios-lengkap/

Komentar

Postingan Populer