PERBANDINGAN ANTARA TOYOTA RUSH DAN DAIHATSU TERIOS
Toyota Rush dan Daihatsu Terios |
A. PENDAHULUAN
Saat ini persaingan dalam dunia bisnis terasa semakin ketat, hal
tersebut juga dapat dirasakan di indonesia. Salah satu dalam industri otomotif.
Perkembangan industri otomotif di indonesia memberikan peningkatan pertumbuhan
ekonomi. Berbagai perusahaan resmi otomotif di indonesia mulai terlihat
perkembangan penjualannya. Salah satunya pada kendaraan beroda empat atau
mobil. Dilihat dari segi ukuran, harga, dan kegunaan penggunaanya, mobil
merupakan alat transportasi yang sangat dibutuhkan.
Toyota Rush |
Banyaknya perusahaan industri mobil seperti Toyota, Daihatsu,
Mistubishi, Honda, dan lain-lain yang menciptakan jenis-jenis mobil dengan
berbagai keunggulan dan kelebihan membuat persaingan semakin ketat dalam bisnis
penjualan mobil. Hal tersebut telah mendorong perusahaan untuk bergerak lebih
aktif dalam memasarkan produknya dan perusahaan pun harus lebih mengetahui dan
memahami kebutuhan dan keinginan konsumen. Hal ini berdampak pada konsumen,
keanekaragaman jenis mobil yang ada saat ini telah mendorong konsumen untuk melakukan
identifikasi mengenai minat pembelian saat menentukan suatu merek yang memenuhi
dengan kriteria sebagai mobil yang sesuai bagi mereka. 2 Setiap produsen atau
perusahaan berusaha keras agar melalui produk yang dihasilkannya dapat mencapai
tujuan dan sasaran perusahaan. Agar produk yang dihasilkannya dapat terjual dan
terbeli oleh konsumen dengan perolehan harga yang berkesinambungan terus
menerus dalam waktu yang panjang. Unuk mencapai tujuan perusahaan, setiap
perusahan berupaya menciptakan merek bagi setiap produknya untuk memancing
minat dan perhatian pelanggan. Merek (brand) adalah sebuah nama, istilah,
tanda, lambang, desain, atau kombinasi semua ini, untuk menunjukan identitas
pembuat atau penjual produk atau jasa (Kotler dan Amstrong, 2008). Karena itu
pemberian merek yang tepat serta dukungan pemasaran yang baik akan membantu
terciptanya keberhasilan suatu produk.
Daihatsu Terios |
Kondisi persaingan yang semakin ketat
membuat perusahaan harus dapat memaksimalkan penggunaan sumber daya –sumber
daya dengan efektif dan efisien, salah satunya dengan menciptakan dan melakukan
pencitraan yang baik untuk mempengaruhi pandangan konsumen mengenai produk
mereka, yaitu melalui citra merek. Citra merek mempresentasikan keseluruhan
persepsi terhadap merek dan dibentuk dari informasi dan pengalaman masa lalu
terhadap merek itu (Sutisna, 2002:83). Persaingan perusahaan untuk menarik
konsumen tidak lagi terbatas pada teknis dan fungsional suatu produk, tetapi
juga sudah dikaitkan dengan merek yang mampu memberikan citra khusus bagi
pemakai.
B. PEMBAHASAN
1. Perbedaan antara Toyota Rush dan Daihatsu Terios
1. Perbedaan antara Toyota Rush dan Daihatsu Terios
Terios dan Rush adalah salah satu
produk kolaborasi pabrikan Daihatsu dan Toyota. Kolaborasi ini - seperti
halnya kolaborasi Avanza dan Xenia - dapat dilakukan karena Daihatsu Motor
Company (DMC) saham mayoritasnya sudah dimiliki oleh Toyota Motor Company (TMC)
atau dengan kata lain DMC merupakan anak perusahaan TMC Awalnya, Toyota dan
Daihatsu memiliki segmentasi yang berbeda. Toyota lebih populer di masyarakat
Indonesia karena memang variasi produknya lebih banyak (berupa MPV, Sedan,
Minibus, Truk) dan konsumen merasa lebih dimanjakan. Sedangkan Daihatsu,
sebelum kolaborasi lebih dikenal sebagai mobil kompak, keluarga, dan niaga.
Varian produk Daihatsu juga relatif lebih sedikit.
Toyota Rush (Tampak Belakang) |
Sebagaimana produk kolaborasi lainnya, secara umum Terios dan Rush terlihat sama jika dilihat sekilas. Bahkan bagi orang awam, mereka bilang sama saja antara Terios dan Rush. Karena memang didesain untuk segmentasi sedikit berbeda Walau Rush dan Terios hadir sebagai produk kolaborasi, namun pihak Toyota mengklaim target pasar untuk Rush berbeda dengan Daihatsu Terios. Toyota Rush diposisikan untuk konsumen yang mau SUV sporty, sementara Daihatsu Terios disuguhkan bagi yang menginginkan SUV keluarga. Hal ini disampaikan Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) Johnny Darmawan di Jakarta. Ia menuturkan meski sepintas sama, tapi Rush dan Terios sebenarnya punya peruntukan yang berbeda. "Kalau Terios untuk mereka yang menginginkan SUV keluarga karena memiliki tiga baris jok. Tetapi kalau Toyota Rush lebih ditujukan yang suka SUV sporty," tegas Johnny. Dirinya juga menjelaskan perbedaan inilah yang membuat proses pengembangan baik Daihatsu Terios maupun Toyota Rush benar-benar berbeda. "Jadi kalau untuk New Rush dan New Terios perubahannya berbeda satu sama lain ya karena memang proses pengembangannya berjalan sendiri-sendiri sesuai dengan target pasarnya," tutup Johnny.
2. Persamaan antara Toyota Rush dan Daihatsu Terios
Daihatsu Terios (Tampak Belakang) |
Persamaan Terios dan
Rush adalah pada frame dan basic body-nya. Semua komponen utama sasis dan outer
part utama dibuat dengan mesin press yang sama dan dibuat dipabrik yang sama.
Kecuali untuk Toyota Rush yang diekspor, pada beberapa bagian menggunakan
material dengan spesifikasi lebih tinggi.
3. Tabel Kelebihan dan Kekurangan
Toyota Rush
|
Daihatsu Terios
|
||
Kelebihan
|
Kekurangan
|
Kelebihan
|
Kekurangan
|
Penggunaan teknologi terbaru seperti EBD
atau ( Brake Force Distribution) dan juga ABS ( AntilockBeaking System)
|
Sangat limbung
|
Performa mesin tangguh karena didukung
volume silinder 1500 cc
|
Akselarasi atau tarikan mesin masih
kurang
|
Menggunakan AC Double Blower
|
Tenaga kecil
|
Menggunakan AC Double Blower
|
Sistem suspensi kurang bagus, sehingga
kurang stabil saat menikung tajam
|
Pemakaian BBM irit berkat sistem
teknologi Fuel Injection
|
Suara mesin lumayan kasar
|
Pemakaian BBM irit berkat sistem
teknologi Fuel Injection
|
Suara mesin masih dapat masuk ke kabin
|
Kapasitas bagasi besar
|
Ruang kaki belakang penumpang lumayan
sempit
|
Kursi penumpang lega dan tidak sempit
|
tidak adanya fitur Airbag, Rem ABS serta
ABS atau Auto Brake Sistem
|
Dukungan spare part bagus dan harganya
terjangkau
|
Desain. Mobil ini memiliki sisi negatif
dalam segi desain. Di karenakan desain Toyota Rush ini sama dengan desain
Daihatsu Terios. Desain kedua mobil ini sama persis, terlebih lagi pada
bagian eksterior
|
Dukungan spare part bagus dan harganya
terjangkau
|
Belum ada Audio Switch pada bagian setir
|
Mampu melewati medan yang ekstrim.
Toyota Rush sendiri memang di desain untuk di gunakan di segala medan baik
itu medan yang mudah ataupun medan yang sulit sekalipun
|
Pengendalian. Mobil Toyota Rush ini
merupakan mobil yang memiliki ukuran yang besar. Dengan ukuran yang besar
tersebut mobil ini sedikit susah untuk di kendalikan. Akan tetapi untuk yang
sudah terbiasa mengendalikan mobil ini juga tidak terlalu sulit
|
Tampilan body yang sangat kental sekali
dengan konsep adventure
|
Ruang kaki penumpang belakang sempit
|
C. KESIMPULAN
Baik Daihatsu Terios maupun Toyota
Rush, masing-masing punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika anda
menghitung nilai ekonomis dan kapasitas penumpang, maka Daihatsu Terios lebih
cocok. Namun jika anda menginginkan kenyamanan maka Toyota Rush adalah pilihan
yang tepat
Sumber :
2. elib.unikom.ac.id
3. http://www.otodaeng.com/2015/11/4-kelebihan-dan-kekurangan-mobil-toyota.html
4. http://www.topgir.com/2016/03/review-spesifikasi-harga-toyota-rush.html
5. http://superpolishpremium.com/daihatsu-terios-kelebihan-dan-kekurangan/
6. http://distributorbanradial.com/kendaraan/apa-saja-kelebihan-dan-kekurangan-mobil-daihatsu-terios/
7. http://otodrift.com/kelebihan-dan-kekurangan-daihatsu-terios-lengkap/
Komentar
Posting Komentar